•1. Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika,
•U.S. Defense Advanced
Research Projects Agency (DARPA) memutuskan
•untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah
•komputer sehingga membentuk jaringan organik.
•2. Internet (Inteconnected-Network)
merupakan sekumpulan jaringan komputer
•yang menghubungkan berbagai macam situs
•3. Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protocol TCP/IP
•(Transmission
Control Protocol/Internet Protocol) yang digunakan dalam
internal
•perusahaan, kantor, bahkan Warnet (Warung Internet) dapat dikategorikan
•intranet.
•4. Manfaat dengan adanya
internet sebagai berikut.
•a. Internet sebagai media komunikasi
•b. Internet sebagai
media promosi
•c. Internet sebagai alat
komunikasi interaktif
•d. Internet sebagai alat Research and
Development
•e. Internet sebagai media pertukaran data
•5. Beberapa layanan internet, antara lain sebagai berikut.
•a. WWW (World Wide
Web)
•b. E-mail (Electronic
Mail)
•c. File Transfer
Protocol (FTP)
•d. IRC (Internet
Relay Chat)
•e. Telnet
•f. Mailing List
•g. Newsgroup
•h. Gopher
•i. Ping (Packet Internet
Gopher)
•6. Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk
•menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu
•baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan
•yang saling terkait di mana masing-masing dihubungkan dengan link-link.
•7. Unsur-unsur yang harus ada dalam situs antara lain:
•a. Domain
name (nama domain) adalah alamat permanen situs di dunia
•internet yang
digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs.
•b. Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam hardisk
•tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar, dan sebagainya yang
•akan di tampilkan di
situs.
•c. Script/Bahasa
Program adalah bahasa
yang digunakan untuk menerjemahkan
•setiap perintah dalam situs yang pada saat diakses.
•d. Design
Web, berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya
•sebuah website.
•e. Publikasi,
yaitu menginformasikan kepada masyarakat luas.
•8. Pengalamatan di internet mengikuti susunan berikut.
•protokol://domain/direktori/file
Bab 2 Sistem Jaringan Internet/Intranet
•1.
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan
•lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan.
•2.
Manfaat yang dapat diperoleh dari jaringan komputer adalah sebagai berikut.
•a.
Resource sharing
•b.
Reliabilitas tinggi
•c.
Menghemat uang
•3.
Setiap komputer, printer, atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut
•node.
•4.
Jaringan komputer mempunyai sistem kerja yang saling berhubungan. Prinsipnya
•suatu jaringan didasarkan pada metode pengiriman dan penerimaan data serta
•keamanan data dalam jaringan.
•5.
Untuk menjaga keamanan data-data pada saat data tersebut dikirim dan pada
•saat data tersebut telah disimpan di jaringan komputer, maka dikembangkan
•beberapa teknik pengamanan data.
•6.
Secara umum jenis jaringan berdasarkan jangkauannya terdiri dari empat macam
•sebagai berikut.
•a.
LAN
•b.
MAN
•c.
WAN
•d.
Internet
•7.
Topologi jaringan secara umum terdiri dari enam macam sebagai berikut.
•a.
Star
•b.
Mesh
•c.
Ring atau Token Ring
•d.
Bus
•e.
Tree
•f.
Hybrid
•8.
Tipe jaringan dalam kehidupan sehari-hari dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:
•a.
Jaringan berbasis server
•b.
Jaringan peer to peer
•c.
Jaringan hybrid
Bab 3 Kecepatan Akses Internet
•Rangkuman
•1. Kecepatan transfer data adalah banyaknya paket data yang dapat dikirim atau
•diterima komputer setiap satu satuan waktu. Satuan kecepatan transfer data
•adalah bps (bits per second).
•
•2. Satuan paket data yang sering digunakan dalam komputer adalah sebagai
•berikut.
•
•1 byte = 8 bit = 1 karakter
•1 KB = 210 bytes = 1.024
bytes
•1 MB = 220 bytes =
1.048.576 bytes
•1 GB = 230 bytes =
1.073.741.824 bytes
•3.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini memungkinkan kita
•dapat menghubungkan komputer kita dengan internet melalui berbagai cara. Ada
•beberapa pilihan tipe kecepatan akses internet yang dapat kita gunakan antara
•lain
melalui dial-up, ADSL, LAN,
3G, GPRS, WIFI, WIBRO, dan TV Kabel
•
•4. ADSL adalah suatu teknologi modern yang bekerja pada frekuensi antara 34 KHz
•sampai 1.104 kHz.
•
•5.
GPRS adalah komunikasi data dan suara yang dilakukan untuk mengomunikasikan
•data
dan suara pada saat alat komunikasi bergerak (mobile).
•
•6.
3G merupakan istilah yang umumnya mengacu pada perkembangan teknologi
•telepon nirkabel (wireless).
•
•7.
WiFi adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi
•radio,
sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman.
•
•8.
Jaringan TV kabel dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan
•download
maksimum 27 Mbps dan kecepatan upload maksimum 2,5 Mbps.
Bab 4 Perangkat Keras dan Koneksi Internet
•Rangkuman
•1.
Perangkat keras internet adalah semua bagian fisik komputer yang digunakan
•untuk
memperoleh sambungan ke jaringan internet.
•
•2.
Sebuah jaringan komputer, di mana satu komputer terhubung dengan komputer
•yang
lain memiliki beberapa perangkat keras yang dibutuhkan, antara lain server,
•client,
LAN Card, hub/switch, repeater, router, bridge, kabel dan konektor, modem,
•dan crimping tools.
•
•
•3.
Perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi ke internet disebut dengan
•Internet
Service Provider (ISP).
•
•
•4.
ISP di Indonesia tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia
•(APJII).
•5.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memungkinkan kita
•untuk
melakukan koneksi ke internet dengan berbagai pilihan koneksi. Ada
•beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih sebuah ISP.
•
•6.
Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih sebuah ISP, antara
•lain
kecepatan transfer data,
bandwidth, memiliki server proxy, memiliki backbone,
•keamanan data, layanan yang diberikan, biaya, hardware, dan teknologi yang
•digunakan.
•
•7.
Ada beberapa jenis pelayanan ISP dalam koneksi internet, yaitu Dial-up, Mobile
•access,
Hotspot, Wireless, Leased Line, dan VSAT.
•8.
Ada beberapa cara agar komputer dapat tersambung dengan internet, antara lain
•diap up menggunakan TelkomNet Instan, ADSL, dan Hotspot.
•Rangkuman
•1. Beberapa software web browser
yang sering digunakan di antaranya sebagai
•berikut.
•a. Internet Explorer
•b. Netscape Navigator
•c. Mozilla
•d. Opera
•
•2. Alamat internet atau alamat sebuah web kadang disebut URL (Uniform
Resource
•Locator)
yang biasanya terdiri dari 4 bagian.
•a. Nama protocol (protocol adalah aturan-aturan atau standar yang membuat
•komputer dapat saling berbagi informasi).
•b. Lokasi dari situs, contohnya WWW (World Wide
Web).
•c. Nama organisasi
yang mengatur situs.
•d. Sebuah akhiran yang mengidentifikasikan jenis dari organisasi. (contohnya
•.com untuk sebuah organisasi komersial).
•3. Dalam mencari informasi dapat menggunakan mesin pencari antara lain menggunakan
•altavista.com,
google.com, yahoo.com, dan lycos.com.
•
•4. Internet dapat digunakan untuk mengakses situs-situs yang bermanfaat bagi
•proses pembelajaran seperti situs Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan situs
Wikipedia Indonesia
Bab 6 Penerapan Aplikasi Internet
•Rangkuman
•1 Aplikasi internet yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain
•e-mail,
milis, dan chatting, di mana setiap aplikasi internet tersebut mempunyai
•etika dalam penggunaannya serta mempunyai dampak positif dan negatifnya.
•2.
Jenis e-mail terdiri dari POP mail, E-mail berbasis web, dan E-mail forwading.
•3.
Mailing list merupakan satu salah fasilitas internet untuk berdiskusi melalui e-mail,
•kelompok diskusi mailing list ada banyak sekali dan dibagi menjadi 2 kategori
•yaitu
berdasarkan topik dan kelompok tertentu.
•4.
Contoh software aplikasi untuk melakukan chatting, yaitu mIRC dan Yahoo
•Messanger.
•5.
Beberapa contoh alamat mailing list yang akan sangat bermanfaat untuk
berdiskusi
•masalah teknologi informasi adalah sebagai berikut.
•a.
tanya-jawab@linux.or.id – Teknologi Linux & Open Source.
•b.
indowli@yahoogroups.com – Teknologi Internet murah menggunakan radio.
•c.
orari-news@yahoogroups.com – Teknologi Amatir Radio.
•d.
yogyafree-perjuangan@yahoogroups.com – Teknik Keamanan Jaringan.
•6.
Aplikasi internet seperti chatting, e-mail, dan milis mempunyai banyak manfaat
•dan dampak buruk bagi penggunanya. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi
•internet
harus dilakukan dengan etika yang baik, sehingga dapat memperbesar
•manfaat daripada dampak buruknya.
•7.
Pada saat mencari informasi di internet atau menggunakan aplikasi internet,
•hendaknya diperhitungkan faktor keamanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak
•diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar