![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7-CR2Htru9CY3ToBU-m6GmdUo6Ds9RFYOQltUN2D5TaqBIgkzuHMHfHhRa_s8zzhI7C2Li3qN2LIVzvkxw3SvoP9u1mCNpex-_MtkNERsLmY0pMUVj3DD6pjUfnDzsWHaTs4-3OSGCBA/s320/cats3.jpg)
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas IX
Pendidikan Kewarganegaraan
Untuk SMP Kelas IX
Penulis : Sri Hastuti Lastyawati, Supriyanto
Editor : Muryani, S.Pd
Setting & Layout : Tim Layout
Desain Sampul : Muhammad Ikhsan, S.T.
Desain Isi : Ary Nugroho
Sumber Sampul : ClipArt Koleksi Penerbit
Tahun Terbit : 2009
Jumlah Halaman: 122
DAFTAR ISI BUKU
Kata Sambutan .......................................................................................................... iii
Kata Pengantar ........................................................................................................... iv
Daftar Isi .................................................................................................................... v
Bab 1 Usaha Pembelaan Negara
A. Landasan Usaha Pembelaan Negara ............................................................ 3
B. Bentuk-Bentuk Usaha Pembelaan Negara .................................................... 13
C. Peran Serta dalam Usaha Pembelaan Negara .............................................. 15
Latihan Individu ................................................................................................... 22
Analisis ............................................................................................................... 22
Rangkuman......................................................................................................... 23
Evaluasi .............................................................................................................. 24
Portofolio ............................................................................................................ 25
Refleksi .............................................................................................................. 26
Bab 2 Otonomi Daerah
A. Negara Kesatuan dengan Sistem Desentralisasi ........................................... 29
B. Pemberian Otonomi kepada Daerah .............................................................. 31
C. Partisipasi Masyarakat dalam Perumusan Kebijakan Publik di Daerah ......... 41
Latihan Individu ................................................................................................... 50
Analisis ............................................................................................................... 51
Rangkuman......................................................................................................... 51
Evaluasi .............................................................................................................. 52
Portofolio ............................................................................................................ 54
Refleksi .............................................................................................................. 56
Bab 3 Globalisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara
A. Pengertian dan Perkembangan Globalisasi ................................................... 59
B. Politik Luar Negeri dalam Hubungan Internasional di Era Global ................... 68
C. Dampak Globalisasi terhadap Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan
Bernegara ..................................................................................................... 73
D. Sikap terhadap Dampak Globalisasi ............................................................. 78
Latihan Individu ................................................................................................... 80
Analisis ............................................................................................................... 81
Daftar Isi
Daftar Isi v
vi Daftar Isi
Rangkuman......................................................................................................... 81
Evaluasi .............................................................................................................. 83
Portofolio ............................................................................................................ 84
Refleksi .............................................................................................................. 86
Bab 4 Prestasi Diri Sesuai Kemampuan demi Keunggulan Bangsa
A. Pentingnya Prestasi Diri bagi Keunggulan Bangsa ........................................ 89
B. Potensi Diri untuk Berprestasi Sesuai Kemampuan ..................................... 92
C. Peran Serta dalam Berbagai Aktivitas untuk Mewujudkan Prestasi Diri
Sesuai Kemampuan demi Keunggulan Bangsa ............................................. 97
Latihan Individu ................................................................................................... 101
Analisis ............................................................................................................... 102
Rangkuman......................................................................................................... 102
Evaluasi .............................................................................................................. 103
Portofolio ............................................................................................................ 105
Refleksi .............................................................................................................. 106
Glosarium ..................................................................................................................... 107
Indeks Pengarang ......................................................................................................... 110
Indeks Subjek................................................................................................................ 111
Daftar Pustaka ............................................................................................................... 112
RANGKUMAN BUKU
Bab 1 Usaha Pembelaan Negara
Rangkuman
Negara adalah sebuah organisasi kekuasaan yang terdiri dari kumpulan orangorang
yang mendiaminya dengan tujuan yang disepakati bersama. Selain itu, negara
dapat juga diartikan sebagai organisasi kemasyarakatan secara politik atau lembaga
politik atau dalam arti lebih sempit sebuah istitusi pemerintah.
Negara memiliki beberapa unsur di dalamnya, yaitu rakyat, wilayah, dan
pemerintah yang berdaulat. Ketiga unsur itu oleh Mahfud M. D. disebut sebagai unsur
konstitutif. Selain ketiga unsur tersebut, perlu adanya unsur penunjang lainnya, yaitu
pengakuan dunia internasional yang disebut dengan unsur deklaratif.
Tujuan negara Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 adalah
melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,
memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut
melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi,
dan keadilan sosial.
Usaha bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh
kecintaan pada negara dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara
tersebut. Selain sebagai kewajiban dasar, upaya bela negara juga merupakan
kehormatan bagi setiap warga negara. Pembelaan negara tersebut sepatutnya
dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban demi
pengabdian pada bangsa dan negara.
Dalam kehidupan bernegara, aspek pertahanan merupakan faktor yang sangat
hakiki dalam menjamin kelanjutan hidup suatu negara. Tanpa mampu mempertahankan
diri terhadap ancaman dari luar negeri dan atau dari dalam negeri, suatu negara tidak
akan dapat mempertahankan keberadaannya. Demikian pula, negara Indonesia yang
bertekad bulat untuk mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan.
Semangat kebangsaan dan patriotisme tetaplah penting untuk dihayati dan
sekaligus diamalkan, terlebih lagi bagi kita yang sekarang ini sedang menghadapi
berbagai persoalan kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan, seperti ancaman
disintegrasi, gerakan separatisme, kerusuhan massa, dan berbagai konflik, baik konflik
vertikal yang menyangkut hubungan antara pusat dan daerah maupun konflik horizontal,
yakni pertentangan antarkelompok masyarakat. Dengan demikian, sangatlah
dibutuhkan kesadaran rasa kebangsaan dan kecintaan pada tanah air, bangsa, dan
negara.
Salah satu wujud peran serta dalam usaha pembelaan negara adalah melalui
sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata). Sishankamrata adalah
sistem pertahanan dan yang bersifat semesta, artinya sistem ini melibatkan seluruh
warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya.
Usaha pembelaan negara tidak harus kita wujudkan dengan menjadi TNI atau
Polri, tetapi kita dapat mewujudkan dengan ikut serta dalam menjaga keamanan
lingkungan. Partisipasi aktif warga negara ini pantas diaktualisasikan dalam kehidupan
sehari-hari, baik di dalam keluarga (rumah), di sekolah, maupun lingkungan
masyarakat.
Bab 2 Otonomi Daerah
Rangkuman
Indonesia adalah negara kesatuan yang menerapkan sistem desentralisasi.
Artinya, kekuasaan untuk menyelenggarakan pemerintahan tidak seluruhnya dijalankan
oleh Pemerintah Pusat, melainkan sebagian diserahkan kepada daerah-daerah. Sistem
desentralisasi ini melahirkan otonomi daerah, yang secara struktural diwujudkan
dengan pembentukan Pemerintah Daerah.
Dalam pelaksanaan otonomi daerah berlaku beberapa asas yang berkaitan dengan
hubungan antara pusat dan daerah. Asas-asas yang dimaksud adalah desentralisasi,
dekonsentrasi, dan tugas pembantuan.
a. Desentralisasi adalah penyerahan wewenang oleh Pemerintah Pusat kepada daerah
otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan di daerah dalam
sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b. Dekonsentrasi adalah pelimpahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah Pusat
kepada Gubernur sebagai wakil pemerintah dan/atau kepada instansi vertikal
di wilayah tertentu.
c. Tugas pembantuan adalah penugasan dari Pemerintah Pusat kepada daerah dan/
atau desa, dari Pemerintah Provinsi kepada Kabupaten/ Kota dan/atau desa, serta
dari Pemerintah Kabupaten/Kota kepada desa untuk melaksanakan tugas tertentu.
Dalam menyelenggarakan kewenangan daerah, pemerintahan daerah menjalankan
otonomi seluas-luasnya untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan,
kecuali urusan pemerintahan yang oleh Undang-Undang ditentukan menjadi urusan
Pemerintah Pusat, yaitu mencakup urusan politik luar negeri, pertahanan, keamanan,
yustisi, moneter, dan fiskal nasional serta agama.
Penyelenggara pemerintahan daerah adalah Pemerintah Daerah dan DPR Daerah.
Pemerintah Daerah dipimpin oleh Kepala Daerah yang dibantu oleh satu orang Wakil
Kepala Daerah. Guna melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan daerah dibentuk
perangkat daerah.
Dalam peraturan daerah biasanya dimuat beberapa pertimbangan mengenai alasan
atau latar belakang dibuatnya sebuah peraturan. Akan tetapi, setiap peraturan memiliki
sisi yang berbeda-beda sesuai dengan pokok persoalan yang diaturnya. Ada peraturan
yang memuat hal-hal yang menjadi hak dan kewajiban pemerintah atau masyarakat.
Bab 3 Globalisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara
Rangkuman
Globalisasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahanperubahan
dalam masyarakat (changes) dan dalam perekonomian dunia yang dihasilkan
oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan. Dalam arti ekonomi,
globalisasi mengacu pada liberalisasi perdagangan atau perdagangan bebas (free trade).
Dua faktor penting dan utama yang mempengaruhi globalisasi yaitu berkembang
pesatnya teknologi komunikasi serta adanya integrasi ekonomi dunia. Sebab-sebab
meningkatnya globalisasi adalah terjadinya perubahan politik dunia, adanya aliran
informasi yang begitu cepat, dan berkembang pesatnya perusahaan-perusahaan
multinasional. Tantangan atas globalisasi, antara lain memberdayakan masyarakat,
dunia tanpa batas, era baru kapitalisme, dan kesadaran warga negara.
Dalam hubungan internasional sebagai wujud kerja sama antarnegara, Indonesia
menerapkan sifat politik luar negeri sebagai berikut.
1. Bebas dan aktif.
2. Antiimperialisme dan kolonialisme serta ikut melaksanakan ketertiban dunia.
3. Mengabdi pada kepentingan nasional dan amanat penderitaan rakyat.
4. Demokratis.
Berikut dampak positif globalisasi.
1. Di bidang politik, yaitu meningkatkan penegakan hukum dan pendewasaan
demokrasi, meningkatkan kedewasaan dan kemanusiaan partai politik, dan
meningkatkan perlindungan HAM.
2. Di bidang ekonomi, yaitu meningkatkan mutu produksi.
3. Bidang sosial budaya, yaitu meningkatkan kepribadian, sikap hidup, dan dampak
berpikir sehingga tidak mudah terpengaruh budaya negatif. Hidup menjadi mudah
dan murah; meningkatkan pendapatan masyarakat. Bidang iptek, yaitu dapat
menyerap iptek yang akan mendukung dan memperlancar pembangunan, lebih
mudah mendapatkan informasi, dan memiliki wawasan lebih luas dalam memahami
dan menangani persoalan.
4. Bidang sikap mental, yaitu meningkatkan budaya disiplin dan etos kerja sehingga
meningkatkan hasil produktivitas dan prestasi kerja.
5. Bidang hankam, yaitu meningkatkan kewaspadaan dan ketahanan nasional,
persatuan dan kesatuan bangsa, kesetiaan pada Pancasila, dan pemahaman
Wawasan Nusantara sehingga terhindar dari separatisme, konflik sosial, dan
disintegrasi bangsa
Berikut dampak negatif globalisasi.
1. Bidang politik
Meningkatkan euforia politik/kebiasaan/kebebasan politik yang berlebihan, yaitu
kegiatan yang mengatasnamakan HAM dan demokrasi, tetapi memiliki target utama
meraih kekuasaan lokal atau pusat.
2 Bidang ekonomi
a) Membentuk jaringan global yang merangkul seluruh dunia dan mengarahkannya
pada proses kendali negara yang mempunyai kekuatan ekonomi raksasa yang
menimbulkan ketergantungan negara-negara miskin.
b) Menimbulkan kesenjangan kepemilikan modal yang mendorong timbulnya
kesenjangan sosial ekonomi masyarakat.
3 Bidang sosial budaya
a) Menimbulkan pola hidup gesellschaft (perkembangan), artinya hubungan dan
kerja sama antarorang atas dasar mencari keuntungan dan kegotongroyongan.
b) Menimbulkan bahaya yang mengancam nilai-nilai kemanusiaan (hal-hal yang
harus dihindari), antara lain, sebagai berikut. Hedonisme, materialisme,
sekularisme, individualisme, egoisme, ekstrimisme, klitisme, eksklusivisme,
glamoristik, dan konsumtif.
Sikap yang harus kita kembangkan untuk menghadapi dampak globalisasi adalah
sebagai berikut.
1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar
terhindar dari dampak negatif globalisasi.
2. Giat meningkatkan kerja sama dengan negara lain.
3. Menerima pengaruh budaya asing yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia
(tanpa merusak struktur dan kultur lokal).
4. Melestarikan sumber daya alam dari pencemaran global.
5. Meningkatkan disiplin dan tanggung jawab.
Bab 4 Prestasi Diri Sesuai Kemampuan demi Keunggulan Bangsa
Rangkuman
Prestasi adalah hasil yang telah dicapai, dilakukan, diperoleh atau dikerjakan.
Prestasi setiap orang tidak selalu sama dalam berbagai bidang.
Beberapa upaya yang dilakukan manusia agar berprestasi.
1. Semenjak usia dini telah dilakukan pencarian bibit-bibit berbakat.
2. Dididik dan dilatih secara bertahap serta terprogram dengan baik.
3. Secara periodik, diadakan evaluasi dan diberikan umpan balik (feedback).
4. Diuji coba melalui kompetisi dari yang level reguler sampai dengan yang
profesional.
5. Berkompetisi secara profesional dalam jangka waktu tertentu.
Manusia yang berpotensi adalah bagaimana mendayagunakan potensi tersebut
untuk meraih prestasi. Secara umum, potensi dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
1. Kemampuan dasar, seperti tingkatan inteligensi, kemampuan abstraksi, logika,
dan daya tangkap.
2. Sikap kerja, seperti ketekunan, ketelitian, tempo kerja, dan daya tahan terhadap
tekanan.
3. Kepribadian, yaitu pola menyeluruh terhadap semua kemampuan, perbuatan, dan
kebiasaan seseorang, baik yang jasmani, rohani, emosional, maupun sosial yang
ditata dengan cara yang khas di bawah aneka pengaruh dari luar. Pola ini berbentuk
tingkah laku dalam usahanya menjadi manusia sebagaimana yang dikehendaki.
Beberapa contoh kepribadian, antara lain ikhlas, tulus, lincah, cerdas, dan lain
sebagainya.
Secara umum, macam-macam potensi manusia terbagi menjadi potensi fisik,
potensi mental intelektual (intelectual quotient), potensi sosial emosional (emotional
quotient), potensi mental spiritual (spiritual quotient), dan potensi ketangguhan
(adversity quotient).
Beberapa hambatan yang mungkin muncul dalam upaya mengembangkan potensi
diri, yaitu sebagai berikut.
1. Hambatan yang berasal dari lingkungan, yaitu hambatan yang disebabkan oleh
sistem pendidikan yang dianut, lingkungan belajar/bekerja, dan kebiasaan atau
budaya tertentu dalam lingkungan masyarakat.
2. Hambatan yang berasal dari individu sendiri, merupakan faktor penghambat yang
muncul dari sikap negatif seseorang, misalnya berprasangka buruk, tidak memiliki
tujuan yang jelas, dan enggan mengenal dirinya sendiri. Hal lain adalah tidak mau
menerima umpan balik, kurang mau mengambil risiko, takut situasi baru, sikap
acuh tak acuh, selalu mencari kambing hitam, dan sebagainya.
Ada beberapa hal yang dapat menjadi pemicu agar orang menjadi kreatif, yaitu
berpikiran terbuka, keingintahuan yang tinggi, berani mencoba, dan tidak mudah
menyerah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar